8 Komponis Era Renaissance


1. Thomas Tallis (1510-1585)
   Thomas Tallis, seorang komposer Inggris, berkembang sebagai musisi gereja, dan dianggap sebagai salah satu komposer terbaik awal gereja. Tallis menjabat di bawah empat English Monarki dan diperlakukan dengan sangat baik. Ratu Elisabeth diberikan kepadanya dan muridnya, William Boyd, hak eksklusif untuk menggunakan mesin cetak Inggris untuk mempublikasikan musik, yang pertama pada masanya. Meskipun Tallis terdiri banyak gaya musik, mayoritas itu diatur untuk paduan suara sebagai motets Latin dan lagu kebangsaan Inggris.

2. Josquin Des Prez (1440-1521)   
 

Dikenal luas hanya dengan nama depannya, Josquin Des Prez adalah Eropa yang paling dicari musisi selama hidupnya. Popularitasnya, tidak diragukan lagi, adalah hasil dari menggabungkan banyak gaya kontemporer musik, orisinalitas, dan kemampuannya untuk mengungkap makna dan emosi dari teks melalui musik. Banyak musik Josquin yang bertahan hari ini, dengan massa dan chansons nya menjadi yang paling populer.

3. Pierre de La Rue (1460-1518)
 
Pierre de La Rue menulis banyak gaya musik, hampir sama seperti Josquin. Repertoar La Rue yang seluruhnya terdiri dari musik vokal. Gayanya dari menyuarakan menunjukkan bahwa ia lebih suka suara rendah, sering menulis C dan B flat bawah clef bass. Karyanya yang paling populer, Requiem, dan salah satu yang paling awal yang masih hidup massa Requiem, menekankan suara rendah. Serta menyuarakan rendah, berbagai pola ritmik dan panjang, mengalir melodi adalah karakteristik utama dari musik La Rue ini. 
  
4. Claudio Monteverdi (1567-1643)


Menghubungkan Renaissance ke Baroque, musik revolusioner Claudio Monteverdi sudah termasuk opera dramatis pertama, Orfeo. Sebagian besar tahun-tahun awal Monteverdi yang dihabiskan menyusun madrigals, sembilan buku secara total. Buku-buku ini jelas menandai perubahan dalam pemikiran dan gaya komposisi antara dua periode. Buku 8, Ottavo Libro, termasuk apa yang banyak anggap sebagai bentuk disempurnakan dari madrigal tersebut, Madrigali dei Guerrieri ed Amorosi.  

5. William Byrd (1543-1623)
 
William Byrd mungkin adalah komposer Inggris terbesar sepanjang masa. Dengan ratusan komposisi individu, Byrd tampaknya menguasai setiap gaya musik yang ada selama hidupnya, outshining Orlando de Lassus dan Giovanni Palestrina. Terlepas dari karya paduan suara itu, Byrd dianggap oleh banyak untuk menjadi yang pertama "jenius" dari keyboard. Banyak dari karya pianonya dapat ditemukan di "My Ladye Nevells Book" dan "Parthenia."

6. Giovanni Pierluigi da Palestrina (1526-1594) 
 

Dengan lebih dari ratusan karya yang dipublikasikan, komposer Italia, Palestrina adalah wakil paling terkenal dari Romawi Sekolah komposisi musik, dan sangat mempengaruhi perkembangan musik di Gereja Katolik Roma. Karena menyuarakan yang sangat seimbang dan indah harmonis, Palestrina yang polyphonic musik halus, murni, dan transparan dalam suara.

7. Orlando de Lassus (1530-1594)
 
Orlando de Lassus juga dikenal karena gaya polifonik mulus. Motets Nya yang indah gabungan gaya kaya utara polifoni, yang luar biasa gaya Perancis teks-setting, dan melodi Italia ekspresif. Dengan lebih dari 2.000 karya yang ditulis untuk semua gaya musik, termasuk semua Latin, Perancis, Inggris, dan genre vokal German, Lassus mudah tetap menjadi salah satu komposer paling serbaguna di Eropa.

8. Giovanni Gabrieli (1553-1612)
 

Giovanni Gabrieli juga menjembatani Renaissance ke Baroque dan paling dikenal karena penguasaan dalam gaya Sekolah Venetian. Gabrieli lebih suka menulis karya suci, dan menggunakan tata letak yang tidak biasa dari Gereja San Marco, ia mampu menciptakan efek musik yang menakjubkan. Tidak seperti orang-orang sebelum dia, Gabrieli cermat dibuat dan direncanakan penggunaan antiphone (paduan suara atau kelompok instrumen pertama kali mendengar di sebelah kiri, diikuti oleh tanggapan dari kelompok lain musisi di sebelah kanan).
   

terima kasih atas kunjunganya Agan/aganwati tinggalin jejak di komentar!!

Sumber : http://classicalmusic.about.com  telah di terjemahkan ke bahasa indonesia~~



6 Responses to " 8 Komponis Era Renaissance "