7 OS Linux asli buatan indonesia

Sistem Operasi atau disebut (OS) adalah salah satu terpenting dalam sebuah perangkat, dimana untuk menjalankan sebuah perangkat haruslah didukung oleh sebuah perangkat lunak juga, seperti kita tahu gambaran nya seperti perangkat yang kita pakai saat ini adalah salah satu perangkat teknologi yang menggunakan OS, sistem operasi itu baik dari Linux, Microsoft, Solaris, Apple.
Seperti diketahui luas bahwa linux memiliki banyak Distro atau Distribusi Linux mulai dari Debian, Ubuntu, Fedora, Suse, Redhat, dan masih banyak lainnya.
Namun siapa sangka jika OS Distro atau Distribusi linux kali ini berasal dari Negri tercinta ini. 

Namun Blog telah merangkum beberapa OS berupa Distribusi Linux Buatan Anak Indonesiaaaa. diantaranya :

1. GARUDA OS


Os ini Pertama kali diluncurkan pada tahun 2011, dengan versi GARUDA 1.1.5, seperti halnya juga ditujukan bagi pengguna pemula hingga mahir, dan memiliki ukuran kurang lebih 3,6 GB

Adapun Fitur yang ditawarkan dari OS Garuda ini diantaranya:

- Inti (kernel) sistem operasi : 2.6.38.7
- Desktop : KDE 4.6.3
- Telah mendukung driver VGA (Nvidia, ATI, Intel, dll) 
- Wireless
- Compability terhadap Printer lokal maupun jaringan.
- Mendukung banyak format multimedia seperti (mp4,mp3, wav, avi, mov, mpg, oog, dan byk format lainnya)
- Dukungan bahasa terintegrasi seperti Bahasa Indo, Inggris dan 60 Bahasa dunia lainnya)
- Compability terhadap bermacam Software seperti Game (offline/online) dan aplikasi lainnya seperti yang sering digunakan di OS populer( Adobe, Office, Autodesk dll)
- Dukungan font menarik mulai dari yang biasa hingga dukungan Font aksara untuk Indonesia

Ingin mencoba silahkan didownlad melalui link ini : http://gudanglinux.com/produk/garuda-os-1-1-5/

2. BlankOn


Operasi Sistem buatan Indonesia kali masih di hal yang sama yaitu hasil distribusi linux yang berhasil dikembangkan oleh sebuah yayasan yaitu "Yayasan Penggerak Linux Indonesia" bersama dengan tim pengembangan BlankOn. Os ini seperti umumnya dirancang sesuai dengan kebutuhan yang umum khususnya untuk Indonesia.

Seperti halnya versi versi dalam OS yang telah populer, BlankOn OS juga memberi nama nama yang khas pada Versi versi nya yaitu , Bianglala (1.0), Konde (2.0), Lantara (3.0), Meuligoe (4.0), Nanggar (5.0), Ombilin (6.0), "Pattimura" (7.0)", Rote (8.0) hingga  terahir rilis (2013) "Suroboyo" (9.0) ".

Umumnya dari semua Versi Blank Os ini memiliki Spesifikasi seperti berikut ;

Ketentuan Perangkat
Prosesor Minimun 600 MHz
Ram minimun 256 Mb
Arsitektur: i386/32 dan AMD64
Desktop: Manokwari
Kernel Linux: 3.2.23

Fitur dalam Internet
Chromium 21.0 ( Browser/Peramban)
Pidgin 2.10.6 (semacam Aplikasi Messengger)
Evolution (Surel)

Fitur Multimedia       
Audacious (Mp3 Player)
Totem ( Video Player)
Brasero (Fitur Recording)

Fitur dari Segi Grafis
Inkscape (Editing Vector/Bitmap)
Gimp (Editor Gambar) Seperti Photoshop

Fitur Untuk Kantoran yaitu 
LibreOffice

Dan yang menjadi fitur tambahan yang cukup menarik ialah Aksara Nusantara: SCIM untuk Bali, Bugis, Batak, Sunda, Rejang, Jawa

Proyek juga bersifat terbuka bagi kalangan yang ingin berpartisipasi untuk ikut mengembangkan dengan ide kreatif, juga memiliki tekad kuat.

Untuk mengetahui lanjut atau ingin mencoba OSnya silahkan kunjungi situs ini : www.blankonlinux.or.id

3.Kuliax


Kuliax adalah juga Distribusi dari GNU/Linux, asli buatan Indonesia, seperti kita ketahui dari namanya, os ini dikhususkan untuk keperluan pendidikan atau perkuliahan di kampus hingga  penelitian.

Os ini dikembangkan dari Kuliax Project yang mana memiliki misi lebih luas dari sekedan mengembangkan. 

Fitur yang diberikan cukup menarik seperti Live CD atau anda dapat mencobanya dulu tanpa harus melakukan instal langsung pada Harddisk anda. Memiliki akses cepat dan responsif menjadi salah satu kelebihan nya, didukung dengan penggunaan desktop "-ck pathset". Os ini juga mendukung untuk terhubung ke beberapa perangkat anda dengan konfigurasi otomatis.

Anda dapat mengetahui Informasi lanjut jika langsung mengunjunginya disini : Kuliax.net


4. IGOS


Tak asing lagi bagi kita jika melihat dari nama sebuah os ini Yaitu IGOS NUSANTARA, maka sudah pasti buatan Indonesia. Sistem operasi ini sendiri merupakan hasil pengembangan dari Opensource sejak tahun 2006 hingga saat ini, dan dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI bersama dengan rekan pengembang yang berasal dari komunitas Open Source Indonesia. saat peluncurannya IGOS NUSANTARA banyak mendapat respon positif dari berbagai macam institusi dan kalangan lainnya.

IGOS ini sendiri adalah sebuah gerakan meningkatkan penggunaan dan pengembangan perangkat lunak Opensource di Indonesia.

IGOS telah memiliki beberapa hasil pengembangan dari opensource, yang mana salah satunya adalah aplikasi Dekstop yaitu IGOS NUSANTARA

IGOS Nusantara ini adalah sebuah hasil pengembangan Open Source berbasis Linux tepatnya versi Fedora Core 5, dengan kemampuan handal seperti biasa dirancang untuk kalangan perorangan, kebutuhan bisnis, industri hingga perkantoran,

adapun beberapa Aplikasi yang tersedia dalam Pack IGOS Nusantara ini seperti Aplikasi "OpenOffice" untuk perkantoran, "Firefox" Browser, dan ragam aplikasi Chat dan Email, juga mendukung aplikasi grafis yaitu GIMP serta software Multimedia lainnya.


Namun bukan hanya OS saja, tapi hingga saat ini IGOS telah memiliki banyak jenis jenis aplikasi,seperti untuk membantu kebutuhan kalangan pemilik warnet dll, diantaranya :

Igos Berdikari 
Sebuah Sistem open source yang dikembangkan oleh PT.Pasifik Satelit Nusantara untuk memungkinkan pemilik usaha warnet beralih ke sistem opensource tanpa mengalami kesulitan

Igos Billing  
Sebuah Sistem Informasi Billing (untuk penghitungan, tagihan dan semacamnya)

Igos Kwartet 
Sebuah aplikasi Sistem untuk menghubungkan beberapa Perangkat (Monitor keyboard, dan mouse) dengan sebuah personal yang berbasis Linux dengan menyediakan 4 VGA dan 8 Port USB

Igos Laba - laba
arsitektur thin client adaptasi open source yang memanfaatkan PXES Thin Client Terminal, sehingga hanya dengan sebuah server bebasis Linux dapat melayani hingga 12 workstation diskless
Igos Dwiwarna
Sebuah OS Linux yang dilengkapi ragam software dibuat oleh komunitas Opensource DwiWarna

Igos Waroeng : berupa software untuk keperluan sebuah usaha warnet berbasis opensource

igos-nusantara.or.id

5. DewaLinux
Sistem Operasi yang satu ini adalah hasil pengembangan dari Linux, atau lebih tepatnya dianggap turunan dari Ubuntu , dan dirancang hampir menyerupai Windows, dan ini bisa dilihat pada versi (Papuma) yang dirilis Tahun 2009. Seperti Os lain Dewa Linux juga memiliki beberapa mulai dari versi DewaLinux "Rencong" (2007) dan DewaLinux "Eiffel" (2008)



6. TeaLinux
Masih diseputar turunan dari Ubuntu, Os ini berhasil dikembangkan Anak bangsa. Dimana Os ini memiliki Sebuah filosofi yang unik "Nikmatnya Sebuah Racikan".
OS ini awalnya dibuat berdasarkan proyek pengembangan yang didukung oleh Doscom (Dinus Opensource Community

Jika ingin Mencobanya silahkan Download Disini :  DOWNLOAD
(link : http://adf.ly/aLxEF)

Hingga saat ini TeaLinux telah memiliki Versi versi diantaranya :   
Green Tea, Black Tea, White Tea, Oolong Tea dan Kukicha Tea.

Tea Linux OS 4.0 "Oolong Tea"

Os ini  berhasil dikembangkan saat sebelumnya mengamalami banyak masalah hingga perbaikan dari virus yang pernah rilis sebelumnya, telah berbasis Desktop Environment LXDE Os ini memiliki kecepatan dan kestabilan yang memumpuni

Cepat, ringan elegan. Begitulah kerap para pengguna menilainya

Silahkan Jika ingin Mencobanya klik Link ini : DOWNLOAD
(Link : http://pinguin.dinus.ac.id/iso/tealinuxos/)

Tea Linux OS 5.0 "Kukicha Tea"


Tea Linux OS 6.0 "Jasmine"


Untuk Info Lebih lengkap bisa mengunjungi Situs resminya di : Tealinuxos.org

7. Target Linux


Target ini adalah pengembangan dari Distribusi Linux, Os ini dapat dijalankan melalui CD ROM atau LIVE CD dan USB seperti biasanya. Os ini merupakan turunan Dari versi Linux Slackware 11. Dibuat memakai script linux-live.org. Lisensi yang digunakan pada Os ini iala GPL atau gratis semua pengguna.

OS ini lebih dominan ke pada pemakaian pemrograman, yang mana sesuai namanya "Target" hingga melakukan Hacking terhadap Server, Seperti halnya Linux juga memiliki Versi yang cukup akrab dengan Hacking yaitu "Backtrack". TargetLinux ini hampir memiliki kesamaan namun buatan Indonesia Asli , hehe 


Dari segi cara kerja /pemakaiannya kira kira seperti dibawah ini ;

Komputer yang akan menjalankan OS ini akan berperan sebagai server target atau server “korban”. Target dan korban maksudnya sebagai server yang menjalankan service-service yang diketahui memiliki bug, cacat alias kelemahan didalam sistemnya. Kelemahan – kelemahan inilah yang nantinya digunakan oleh client / attacker untuk “menguasai” server target.

jika tertarik mencobanya ,  silahkan mengunjungi Link ini : 

Sekian dulu Artikelnya, semoga dapat menambah Refrensi,
Sekian Terima kasih,
Salam

0 Response to "7 OS Linux asli buatan indonesia "

Post a Comment